Friday 14 August 2015

AIR DINGIN ATAU AIR HANGAT?

                Mandi adalah salah satu kegiatan yang sudah menjadi kewajiban bagi banyak orang. Dengan mandi tubuh menjadi lebih segar dan bersih. Manusia memang perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, dan sel kulit yang sudah mati. Kebiasaan dan frekuensi seseorang saat mandi berbeda-beda tergantung kebudayaan dan kondisi geografisnya.
                Di indonesia kebiasaan orang mandi biasanya dua kali sehari, dan dengan kondisi iklimnya yang tropis kita bisa mandi dengan air dingin atau dengan air hangat. Untuk pembahasan kali ini balad ingin mencoba membahas akan manfaat mandi dengan air dingin atau air hangat.
                Dengan iklim kita yang tropis dan kebanyakaan daerah di Indonesia bercuaca panas maka mungkin banyak orang yang memilih mandi dengan air dingin. Mandi dengan air dingin mempunyai banyak manfaat, dan berikut manfaatnya :

1.       Meningkatkan sistem imun
Mandi menggunakan air dingin membuat sirkulasi darah jadi meningkat dan mencegah masalah jantung, hal ini tentu akan membuat kita mengurangi tekanan darah serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau yang biasa disebut imun.
2.       Menyegarkan pikiran
Mandi dengan air dingin pun bisa membantu kita melawan stres dan depresi. Dengan air dingin tubuh akan melakukan penyegaran fisik dan mental  yang akan membuat kita selalu tampak bahagia.  Selain itu juga energi kita akan diperbarui setiap harinya.
3.       Jadi produktif
Penelitian terbaru menyebutkan 90 % wanita yanng mandi pagi dengan air dingin harinya menjadi jauh lebih baik, yang membuat mata dan otak jadi lebih terbuka hingga membuat anda jadi lebih produktif dan bisa bekerja lebih cepat.

Dari ketiga manfaat itu mandi dengan air dingin sebaiknya dilakukan di pagi hari. Meskipun membuat kita kedinginan tapi bisa membantu kita menjalani hari lebih semangat.
Selain mandi dengan air dingin, tidak sedikit juga orang yang memilih untuk mandi dengan air hangat. Sifatnya yang menenangkan membuat orang mandi dengan air hangat di waktu malam hari. Dan dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa mandi dengan air hangat sangat dianjurkan sebelum kita tidur. Mandi dengan air hangat mempunyai kemampuan menjaga tubuh tetap hangat, tapi tidak panas, dan ini membuat kita bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.
 Mandi dengan air hangat juga membuat rileks otot, menurunkan ketegangan tubuh, dan meredakan migren jadi mandi dengan air hangat memang sangat cocok untuk kita pilih untuk bersantai.
                Mau mandi dengan air dingin ataupun air hangat itu terserah kepada kebutuhan kita. Yang penting balad ingatkan jangan sampai lupa untuk mandi, karena dengan mandi kita terhindar dari bau-bauan yang tidak enak dan membantu kita untuk hidup lebih sehat lagi.

SALAM SEHAT BALAD SEMUA...!!

Share this

1 Response to "AIR DINGIN ATAU AIR HANGAT?"

  1. I think your blog is very nice to read by readers and are very useful to the reader, and if you do not mind please updating your blog, in order to be great
    sanadomino

    ReplyDelete