Saturday 15 August 2015

APA ITU KUTIKULA KUKU?

              Hallo semuanya, gimana kabarnya? Sehat? Balad harap kalian semua sehat selalu ya. Untuk artikel kali ini balad akan membahas tentang apa itu kutikula kuku, ada yang sudah tau apa itu kutikula kuku? Kalo belum mari simak penjelasan balad mengenai kutikula kuku.
            Kutikula kuku adalah kulit berwarna putih yang sifanya keras dan terletak di pinggiran kuku. Kutikula kuku ini biasanya muncul karena kita kurang mengkonsumsi air putih atau karena terlalu sering terkena sabun maupun detergen saat mencuci. Kutikula kuku ini juga berfungsi sebagai tameng terhadap bakteri yang sering masuk ke bagian bawah kuku dan membunuh sel-sel hidup yang berada dibawah kuku. Oleh karena itu janganlah memotong atau menggigit kutikula kuku karena akan berkembang menjadi sobekan tepi kuku juga akan membuatnya tumbuh kembali dan makin tebal.
            Jika anda ingin menghilangkannya lebih baik gunakan gunting kecil khusus, jika ingin hasilnya lebih baik mungkin anda bisa lakukan menicure di salon terpercaya. karena kutikula mempunyai fungsi melindungi kuku sebaiknya anda jaga kutikula tersebut agar tetap sehat dan bersih. Dan berikut kami berikan beberapa cara untuk merawatnya.

1.    Bersihkan kuku
Jika anda orang yang suka menggunakan cat kuku, sebaiknya bersihkan dengan menggunakan cairan remover yang aman. Meskipun anda tidak menggunakan cat kuku, baiknya lakukan pembersihan kuku secara rutin dengan cairan remover ini.
2.    Lembabkan kuku
Bukan hanya kulit yang bisa mengering, kuku pun demikian. Jika kuku mengering kuku akan menjadi mudah patah dan warnanya jadi kusam. Anda bisa melembabkan kuku dengan meneteskan 1-2 tetes kondisioner rambut, ini akan membuat kuku menjadi lentur dan bersinar.
3.    Merendam dengan air hangat
Setelah menggunakan kondisioner, lalu rendam kuku dalam air hangat selama beberapa menit agar kuku lebih lembut. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun kedalam air rendaman, minyak zaitun berguna untuk memperbaiki kelembapan kuku yang biasanya cepat hilang jika terkena air seperti mandi misalnya.
4.    Keringkan kuku
Setelah direndam sebaiknya langsung keringkan kuku, untuk mengeringkannya gunakan kain lembut agar kutikula kuku tidak rusak.

            Kutikula ini sebenarnya bisa sembuh atau hilang secara alami dalam beberapa hari, jadi anda tak perlu risau dengan keberadaanya. Selain itu balad juga sudah jelaskan bahwa kutikula ini juga mempunyai efek yang baik bagi kesehatan kuku. Balad harap semoga penjelasan mengenai kutikula ini bisa memberikan informasi lebih yang bisa membantu anda untuk hidup lebih sehat lagi.
SALAM SEHAT BALAD SEMUA...!!

Share this

0 Comment to "APA ITU KUTIKULA KUKU?"

Post a Comment