Wednesday 5 August 2015

TIPS MERAWAT MATA AGAR TETAP SEHAT

     Mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat berharga dan juga penting, karena mata adalah jendela dunia. Dengan mata kita semua dapat melihat berbagai keindahan yang ada di dunia. Coba anda bayangkan jika anda tidak memiliki mata , pasti anda hanya akan melihat kegelapan dan tidak bisa menikmati keindahan dunia. Untuk itu kami akan memberikan tips supaya mata anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit mata seperti katarak, rabun jauh, rabun dekat dan gangguan mata lainya.

1. Hindari Menatap Layar Laptop/Komputer Terlalu Lama
  Usahakan bilamana anda bekerja menggunakan peralatan seperti komputer atau laptop jangan terlalu memaksakan mata anda untuk terus menerus menatap layar komputer karena layar komputer atau laptop dapat memancarkan radiasi yang cukup kuat yang bisa membuat mata anda lelah. Berilah waktu untuk mata anda istirahat sejenak sebelum melanjutkan pekerjaan anda.

2. Hindari Melihat Ke Arah Matahari Langsung
   Melihat ke arah matahari langsung merupakan sesuatu hal yang sangat berbahaya bagi mata kita karena intensitas sinar matahari yang kuat bisa merusak retina mata. Sinar matahari sampai ke mata melalui pupil, lalau difokuskan oleh lensa mata ke retina.

3. Berhenti Merokok
   Ya rokok memang sangat membahayakan organ tubuh kita termasuk mata kita , karena dengan merokok dapat mempercepat seseorang mengalami katarak. Maka dari itu cepatlah berhenti dan hindari diri anda dari rokok. Untuk anda yang ingin berhenti merokok baca Tips Berhenti Merokok

4. Mengkonsumsi Makanan Yang Dapat Menyehatkan Mata
  Asupan makanan juga dapat berpengaruh kepada kesehatan mata seseorang, usahakan asupan makanan kita mengandung zinc yang cukup contohnya susu, biji-bijian, coklat hitam, kuning telur dan lain-lain. Jangan lupa juga memakan wortel karena wortel mengandung beta karoten yang cukup banyak dibandungkan dengan sayuran lainya. Dalam 100 gram wortel mentah dapat mengandung 1.067 mikrogram vitamin A yang tentunya dapat memenuhi kebutuhan vitamin A yang diperlukan oleh tubuh kita.

5. Hindari Membaca Di Tempat Yang Kurang Cahaya
   Membaca merupakan suatu kegiatan yang sangat digemari oleh sebagian besar manusia, karena dengan membaca kita dapat mempunyai ilmu-ilmu yang baru atau kita dapat menambah kemampuan kita dengan membaca. Tapi apabila anda membaca di ruangan yang mempunyai tingkat cahaya yang rendah justru akan membahayakan mata anda yang tentunya dapat membuat mata menjadi lelah dan tegang. Usahakan membaca di tempat yang memiliki tingkat cahaya yang cukup.

6. Hindari Mata dari Polusi/Debu
    Debu/Polusi yang di sebabkan oleh kendaraan sangat berbahaya bagi mata dan dapat menyebabkan mata anda menjadi katarak. Dan ketika mata anda kemasukan debu janganlah mengucek mata anda sembarangan karena akan mengakibatkan retina mata anda tergores. Usahakan mencuci menggunakan air bersih.


Itulah tips cara merawat mata kita agar tetap sehat, sayangilah mata kita dengan merawat mata setiap hari. SALAM SEHAT BALAD SEMUA..

Share this

0 Comment to "TIPS MERAWAT MATA AGAR TETAP SEHAT"

Post a Comment