Saturday 29 August 2015

HORMON SEROTONIN DAN CARA MENINGKATKANNYA

         Hormon serotonin merupakan suatu hormon yang terdapat di kelenjar pineal,system saraf dan juga pada platelet darah. Hormone serotonin juga biasa disebut 5-HT atau 5-hydroxytryptamines. Serotonin merupakan hormone yang mengatur kebahagian atau suasana hati seseorang. Hormone serotonin juga dapat menghindari diri anda dari stress atau depresi. Hormon ini dibentuk melalui saluran pencernaan dan juga dalam sel darah dalam diri anda, dengan meningkatnya hormon serotonin anda akan merasa rileks dan lebih tenang karena perasaan anda akan lebih bahagia dari biasanya. Berbagai makanan dan kegiatan anda sehari hari dapat membantu dalam meningkatkan hormon serotonin ini . Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat membantu meningkatkan hormon serotonin :

1. Coklat
Selain rasanya enak di mulut ternyata coklat bisa membuat perasaan seorang lebih tenang dan bahagia. Coklat ini dipercaya dapat meningkatkan hormon serotonin yang akan mengurangi depresi pada diri anda.

2. Meminum Teh Hijau
Ketika anda meminum the hijau maka hal ituakan meningkatkan hormon serotonin. Karena dalam the hijau mengandung zat yangdinamakan zat theanine. Konsumsilah teh hijau ini dapat anda konsumsi dengan orang-orang yang anda sayangi.

3. Mengkonsumsi Es Krim
Selin teksturnya yang lembut dan enak unntuk di makan eskrim juga dapat membuat hormon serotonin meningkat karena dalam eskrim terkandung asam amino tryptophan.

4. Memakan Makanan Pedas
Yap benar makanan yang pedas dapat membuat perasaan galau anda mengurang, karena dalam makanan pedas. Karena saat mengkonsumsi makanan pedas anda akan mendapatkan sensasi yang luar biasa yang dihasilkan dari makanan pedas tersebut yang tentunya akan membuat perasaan anda lebih senang dan tenang.

5. Pancaran Sinar Matahari Pagi
Selain makanan anda juga dapat meningkatkan hormon serotonin dari pancaran sinar matahari pagi. Sinar matahari pada pagi hari memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh  manusia. Waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari yang baik yaitu dari mulai terbitnya matahari sampai jam 10 pagi.



Semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi anda dan masih banyak lagi cara agar dapat meningkatkan hormon serotonin ini tergantung gaya hidup anda sendiri. SALAM SEHAT BALD SEMUA…..

Share this

0 Comment to "HORMON SEROTONIN DAN CARA MENINGKATKANNYA"

Post a Comment