Sunday 2 August 2015

BAHAYA OBESITAS




                Obesitas merupakan penyakit yang dapat menyerang bukan hanya kepada orang dewasa saja namun juga dapat terjadi terhadap anak-anak. Seseorang dapat dikataka Obesitas apabila mempunyai berat badan 25 % dari berat tubuh yang ideal, banyak orang menjadi tidak percaya diri atau malu terhadap penyakit Obesitas ini dan memilih untuh melakukan diet dengan yang terkadang malah membahayakan diri sendiri.

BERBAGAI PENYAKIT YANG DIAKIBATKAN OBESITAS

1.       Meningkatnya Resiko Penyakit Jantung
Obesitas atau kegemukan dapat membuat anda terkena penyakit jantung lebih tinggi daripada biasanya, karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan jumlah lemak yang berlebihan dan membut tekanan darah semakin tinggi.
2.       Depresi
Orang-orang yang mempunyai masalah kelebihan berat badan atau obesitas biasanya menyebabkan oang tersebut mengalami stress dan depresi dikarenakan masalah harga diri atau merasa malu terhadap orang disekitarnya.
3.       Stroke
Menurut Jim Putih,RD,  sebagai juru bicara American Dietetic Association menjelaskan bahwa terlalu banyaknya lemak dalam tubuh apalagi lemak jenuh termasuk kolesterol dapat menyebabkan menumpuknya plak di arteri yang tentunya dapat menyebabkan anda terkena penyakit stroke.
4.       Kolesterol
Menurut penelitian semakin tingginya berat badan maka akan semakin tinggi juga kadar kolesterol total yang , hal ini bisa terjadi terhadap peria atau wanita tapi sangat sering terjadi kepada wanita. Melakukan diet yang tidak sehat juga malah akan menyebabkan kolesterol semakin tinggi.

PENYEBAB TERJADINYA OBESITAS

Berikut ini merupakan beberapa penyebab terjadinya Obesitas:

1.       Keturunan
Factor ketutunan merupakan salah satu hal yang dapat membuat seseorang terkena Obesitas juga, apabila salah satu keluarga kita baik itu ibu maupun ayah kita yang mengalami Obesitas maka cenderung anaknya juga akan mengalami Obesitas walaupun hal itu belum pasti karena Obesitas dapat dihindari.
2.       Pola Makan
Pola makan yang kurang baik merupakan suatu hal yang dapat membuat seseorang cepat mengalami Obesitas . Makan atau ngemil yang berlebihanmerupakan suatu hal yang tidak baik bagi tubu kita karena akan membuat tubuh kita semakin banyak menyimpan lemak termasuk lemak jenuh.
3.       Stress
Saat stress seseorang biasanya lupa diri dan tidak memperdulikan kesehatan tubuhnya. Penyebab stress yang dapat membuat pola makan kita kurang baik seperti stress karena perpisahan, perceraian.dll
4.       Obat- Obatan Tertentu
Berbagai jenis obat-obatan juga biasanya dapat membuat seseorang malah terkena penyakit obesiitas karena obat-obatan tertentu dapat menaikan berat badan secara berlebihan.

Share this

0 Comment to "BAHAYA OBESITAS"

Post a Comment