Monday 3 August 2015

BAHAYA KONSUMSI BERLEBIH MINUMAN ENERGI



            Suka minuman berenergi? Mungkin banyak orang yang akan memilih minum minuman berenergi saat mereka membutuhkan energi tambahan di tengah banyaknya aktifitas. Anda yang suka olahraga pun pasti tak pernah lepas dari minuman energi. Sifatnya yang bisa memberikan energi secara instan inilah yang menjadikannya banyak dipilih orang.
            Namun tahukah anda bahwa mengkonsumsi minuman energi secara berlebihan bisa menyebabkan berbagai efek samping dan utamanya akan merusak tubuh. Dan berikut balad akan coba membahasnya untuk anda.
1.    Ketagihan akan kafein.
Kafein adalah satu bahan utama dalam minuman energi. Jika anda mengkonsumsi minuman energi secara berlebih otomatis anda juga akan menjadi seorang pecandu kafein, meskipun anda bukanlah seorang penikmat kopi dan teh. Ketergantungan akan kafein ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan hingga memicu terjadinya penyakit jantung.
2.    Sulit tidur
Memberikan energi instan yang membuat pekerjaan lebih cepat selesai itulah alasan orang memilih minuman energi. Tapi, anda jangan sampai meminumnya terlalu banyak karena bisa menimbulkan insomnia. Ini tentunya tidak baik, tidur kurang dari delapan jam akan memicu terserangnya tubuh oleh berbagai penyakit.
3.    Berubahnya mood
Minuman berenergi juga bisa merugikan mental juga. Ini karena minuman berenergi bisa menurunkan kadar serotonin dalam tubuh, yang mana bisa memicu rasa tertekan dan menurunnya mood anda.
4.    Diabetes
Selain memicu penyakit jantung yang sudah dijelaskan di poin pertama, minuman energi juga bisa menimbulkan diabetes. Hal ini karena minuman energi sarat dengan gula yang menyebabkan peningkatan dratis gula dalam tubuh. Minuman energi juga akan membuat anda merasa dehidrasi, yang berakibat pada sulitnya menurunkan berat badan alias akan jadi cepat gemuk.
            Itu bahaya yang bisa timbul karena banyak mengkonsumsi minuman energi. Dan buat anda, seorang yang suka olahraga dan biasa mengkonsumsi minuman energi untuk mengembalikan keadaan fisik mungkin anda bisa menggantinya dengan minuman lain. Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University Maryland School of Public Health dan Cornell University minuman yang bisa menggantikannya adalah susu, terutama susu coklat.
            Penelitian tersebut menuturkan bahwa susu mempunyai manfaat sekitar 13-17 persen lebih baik daripada minuman energi. Karena susu mengandung lebih banyak kandungan manfaat seperti protein, elektrolit, kalsium, dan vitamin D.
SALAM SEHAT BALAD SEMUA...

Share this

0 Comment to "BAHAYA KONSUMSI BERLEBIH MINUMAN ENERGI"

Post a Comment