Thursday 30 July 2015

BAHAYA DUDUK BAGI WANITA


            Duduk mungkin sudah menjadi aktivitas utama saat ini terutama untuk anda yang seorang pekerja kantoran. Tak ada yang salah memang dengan duduk, namun jika anda duduk terlalu lama bisa menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh. Masalah yang dapat timbul karena duduk terlalu lama diantaranya seperti sakit punggung, nyeri di leher, bahkan bisa memicu penyakit diabetes.
            Jika anda seorang wanita maka aktifitas monoton ini bisa lebih beresiko lebih tinggi lagi. Duduk terlalu lama bagi seorang wanita bisa memicu terkena kanker rahim dan kanker payudara. Bagaimana bisa? Seorang peneliti bernama Alpa Patel dari American Cancer Society menjelaskan alasannya.
            Alpa Patel menerangkan bahwa saat kita duduk, kita cenderung menjadi pasif karena jarangnya aktifitas fisik yang kita lakukan. Hal tersebut berakibat bertambahnya berat badan yang mana bisa meningkatkan resiko terkena berbagai macampenyakit berbahaya. Dan apabila kita melakukan aktifitas duduk terlalu lama sambil menyantap camilan yang tidak sehat resiko nya akan tambah meningkat. Ini karena kesempatan lemak untuk terbakar rendah disebabkan kurangnya aktifitas fisik yang kita lakukan.
            Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa sepanjang tahun 1992-2009 kasus kanker payudara dan kanker rahim banyak menimpa para wanita pekerja. Untuk wanita pekerja anda jangan terlalu takut dengan fakta tersebut, karena sebagai balad yang baik kita akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengurangi resiko terjadi gangguan kesehatan yang timbul karena duduk terlalu lama.
·         Minum air putih
Yang pertama adalah perbanyaklah minum air putih. Seperti yang sudah kita ketahui air putih sangatlah baik untuk kesehatan. Selain fakta tersebut setidaknya kegiatan minum inipun bisa membuat kita bergerak, seperti mengambil gelas minum ataupun untuk pergi ke toilet.
·         Berdiri setiap 30 menit
Kegiatan selanjutnya adalah berdiri sebentar setiap 30 menit. Cobalah untuk berdiri dan menggerakan anggota tubuh, buatlah tubuh serileks mungkin.
·         Pilih tangga daripada lift
            Jika anda bekerja di kantor dengan bangunan bertingkat, anda mungkin bisa menggunakan tangga dibanding lift untuk menuju ke suatu tempat. Dengan menggunakan tangga setidaknya kita telah menambah aktifitas fisik yang bisa kita lakukan. Kemudian Hampirilah teman jika anda ingin menyampaikan sesuatu. Jangan menggunakan telpon, sms, ataupun aplikasi sosial lainnya. Ini agar kita bisa lebih banyak bergerak lagi.

            Itulah tips yang bisa kami bagikan kepada anda. Tips tersebut bukan hanya untuk wanita pekerja, tapi juga bisa dipraktekkan bagi anda yang memang lebih banyak duduk dalam kegiatan sehari-harinya. Untuk anda yang mempunyai tips lain mungkin bisa membagikannya dengan cara menuliskannya di kolom komentar.

SALAM SEHAT BALAD SEMUA... 

Share this

0 Comment to "BAHAYA DUDUK BAGI WANITA"

Post a Comment