Tuesday 15 September 2015

TIPS MENGATASI GUSI BENGKAK


         Gusi bengkak atau Gingivitis merupakan penyakit yang lumrah diderita setip orang baik itu orang dewasa maupun para remaja. Banyak sekali penyebab gusi anda bengkak antara lain diakibatkan karena kuman-kuman didalam mulut tidak dibersihkan secara benar atau juga bisa terjadi karena tumbuhnya gigi terakhir atau biasa disebut gigi bungsu. Setiap orang pasti akan melalui gigi bungsu ini tepatnya gigi bungsu ini akan muncul antara usia 19 tahun sampai 21 tahun dan biasanya ada beberapa dokter gigi yang menyarankan untuk mencabut gigi ini dikarenakan fungsi gigi bungsu yang tidak terlalu dibutuhkan oleh kita. Munculnya gigi bungsu biasanya akan ditandai dengan gusi terasa sakit lalu lama-lama gusi akan membengkak dan akan mulai terasa sakit pada gigi anda. Dan untuk anda yang saat ini sedang mengalami masalah pada gusi kami akan memberikan tips bagaimana cara mengobatinya :

1. Air  Garam
         Cobalah terlebih dahulu menggunakan obat-obatan yang mudah didapatkan di rumah anda yaitu salah satunya menggunakan air garam untuk berkumur. Caranya ambilah garam yang ada di ruah anda dan mulailah meracik dengan menuangkan 1 sendok teh garam ke dalam 200ml air hangat lalu aduk kan gunakanlah air garam ini untuk berkumur, setelah selesai berkumur dengan air garam maka berihkan dengan berkumur menggunakan air bersih dan usahakan menggunakan air mineral.

2. Lemon
         Bilamana cara diatas tidak memberikan perbedaan atau gusi anda masih terasa sakit dan bengkak maka cobalah berkumur dengan air lemon yang dicampur dengan air hangat. Caranya ampir sama dengan menggunakan air garam,

3. Paracetamol
         Bila cara-cara tradisional di atas tidak mempan dan gigi anda masih terasa sakit karena gusi bengkak maka cobalah konsumsi obat Paracetamol, obat Paracetamol ini memang sangat banyak sekali fungsinya selain dapat digunakan untuk menurunkan panas obat ini dapat anda gunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi yang anda alami. Minumlah paracetamol sesudah makan dan dosis obat ini dapat diminum 3 kali seharin. Tapi biasanya dokter menganjurkan pada penderita sakit gigi dengan mengkonsumsi obat ini bilamana terasa sakit pada gigi tetapi tidak boleh lebih dari 3 kali. Bila tidak ada obat paracetamol masih banyak juga obat-obat penghilang rasa sakit pada gigi yang dapat anda temukan di apotek terdekat.

4. Menggunakan Obat Kumur
         Alangkah baiknya setelah meminum obat penghilang rasa sakit (paracetamol,dll) anda juga menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik. Karena obat kumur yang mengandung antiseptik akan membantu membasmi kuman-kuman yang masih bersarang di mulut anda.

Sekian tips tentang mengobati bengkak pada gusi yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan mulailah menjaga kebersihan mulut anda dengan cara berkumur menggunakan air bersih setelah makan. Karena kuman yang terdapat dalam mulut kita sangatlah banyak. SALAM SEHAT BALAD SEMUA…….


Share this

0 Comment to "TIPS MENGATASI GUSI BENGKAK"

Post a Comment