Wednesday 16 September 2015

MENGETAHUI MANFAAT BUAH DARI WARNANYA

Buah adalah makanan yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh. Banyak orang mengkonsumsi buah agar dapat hidup sehat secara alami, selain itu para ahli kesehatan juga banyak yang menyarankannya. Buah juga mempunyai banyak rupa dan warna yang membuat orang semakin tertarik mengkonsumsinya. Dan  tahukah kalian bahwa warna dari suatu buah selain menjadi ciri khas juga menjadi petunjuk tentang fungsi yang terdapat didalamnya.

Ternyata warna dari setiap buah tersebut berasal dari PhytoNutrient utama yang terdapat dalamnya, PhytoNutrient ini adalah nutrisi dari buah yang memilik banyak fungsi. Dan mengutip dari penjelasan Dr. Grace Judio-Kahl, balad akan menjelaskan fungsi dan kandungan zat dari setiap warna yang terdapat di buah-buahan.

1. Kuning/Oranye
 PhytoNutrient utama yang ada didalamnya adalah Beta-Cryptothanxin, karotenoid, lutein dan zeaxanthin. Dan fungsi dari zat-zat tersebut untuk mencegah penyakit jantung, mengkomunikasikan sel, mengurangi degenerasi retina, dan mengurangi resiko akan katarak.

2. Ungu serta biru
PhytoNutrientnya utama dari buah dengan warna ungu adalah resveratrol, fenolat, dan anthocyanin. Dan fungsinya untuk memperlambat laju penuaan, sebagai antioksidan kuat, meningkatkan memori, dan mengurangi resiko penyakit jantung.

3. Hijau
PhytoNutrientnya adalah chlorophyl, magnesium, folat, betakaroten, kalsium, vitamin C, dan lutein zeaxhantin. Sementara itu Fungsi dari zat-zat tadi yaitu untuk menghambat faktor pemicu kanker dan mengurangi sakit pankreas.

4. Putih
PhytoNutrient yang ada didalam buah dengan warna putih adalah beta-clucans, lignan, flavenoids, dan alicoln. Fungsinya untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

5. Merah
PhytoNutrient dari buah berwarna merah yaitu hesperidin, asam ellagic, lycopene, dan quercentin. Zat-zat tersebut berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan tumor, meregenerasi sendi pada arthritis, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi resiko pembesaran prostat.

Itulah penjelasan mengenai zat-zat dan fungsi dari buah berdasarkan warnanya. Dari artikel ini balad berharap semoga bisa memberikan inspirasi bagi anda semua untuk hidup lebih sehat lagi, tentunya juga jangan lupa untuk membaca artikel-artikel keshatan lainnya dari balad ya. :-)

SALAM SEHAT BALAD SEMUA..!!!

Share this

0 Comment to "MENGETAHUI MANFAAT BUAH DARI WARNANYA"

Post a Comment