Tuesday 28 July 2015

SAKIT TENGGOROKAN DAN RADANG TENGGOROKAN, BEDAKAH?


            Sering kali kita mendengar ketika seseorang merasakan sakit saat menelan, mereka berpikir bahwa hal tersebut pertanda akan datangnya sakit. Apakah anda juga termasuk yang mempunyai pikiran seperti itu? Atau apakah anda berpikir bahwa hal tersebut hanya mitos belaka? Nah, di artikel ini kami akan membahas seputar masalah yang ada pada tenggorokan termasuk pemikiran tadi.

            Sebelumnya kami ingin menjawab pertanyaan pada judul artikel ini yaitu “SAKIT TENGGORAKAN DAN RADANG TENGGOROKAN, BEDAKAH?” dan jawabannya adalah ‘iya’. Sakit tenggorokan dan radang tenggorokan adalah dua hal yang berbeda. Lalu apa perbedaanya? Mari kita simak penjalasan berikut.
            Sakit Tenggorokan biasanya disebabkan oleh suatu virus, dimana virus ini memberikan rasa tidak nyaman pada tenggorokan seperti rasa gatal, nyeri saat menelan, nyeri leher, hingga sensasi rasa terbakar. Dan kondisi sakit pada leher ini juga bisa diikuti dengan batuk, bersin, dan demam. Dari pernyataan ini kita bisa simpulkan bahwa pertanyaan di paragraf awal tadi bukanlah suatu mitos. Namun jika rasa sakit pada tenggorokan dialami lebih dari seminggu ada baiknya anda memeriksakan hal tersebut pada dokter.
            Selanjutnya adalah Radang Tenggorokan. Jika sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, radang tenggorokan ini muncul karena infeksi bakteri yang terjadi pada tenggorokan dan amandel. Hal ini juga yang bisa memicu sakit tenggorokan. Namun tidak semua kasus sakit tenggorokan termasuk dalam radang tenggorokan. Secara khusus radang tenggorokan ini disebabkan oleh bakteri yang bernama A Streptococcus. Kondisi radang tenggorokan juga memiliki tanda dan gejala khusus, itu artinya kita membutuhkan uji laboratorium untuk membuat diagnosisnya.
            Bagaimana? Sudah paham perbedaan antara sakit tenggorokan dan radang tenggorokan? Kami harap anda semua bisa memahami penjalasan yang kami buat. Tapi jika anda mempunyai pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan tenggorokan. Silahkan meninggal pertanyaan tersebut di kolom komentar. Sebagai Balad yang baik kami akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaan kalian.
SALAM SEHAT BALAD SEMUA...

Diolah dari berbagai sumber

Share this

0 Comment to "SAKIT TENGGOROKAN DAN RADANG TENGGOROKAN, BEDAKAH?"

Post a Comment