Tuesday 28 July 2015

TETAP BUGAR WALAU KURANG TIDUR



           Anda seorang yang sangat sibuk? Saking sibuknya anda hingga lupa untuk tidur? Di jaman modern ini orang-orang banyak yang melakukan begadang atau mengurangi waktu tidur mereka. Biasanya disebabkan karena kerja berlebihan ataupun hanya sekedar untuk bersenang-senang, seperti menonton siaran bola atau chatting dengan orang yang disuka. Kebiasaan seperti ini harusnya kita kurangi bahkan kalau bisa harus kita hindari.

            Tidur adalah salah satu kegiatan paling penting bagi tubuh kita. Karena dengan tidur semua organ dan sistem dalam tubuh akan beristirahat, yang mana berfungsi untuk mencegah kerusakan dan ketidaknormalan. Selain itu juga banyak proses yang dilakukan tubuh kita pada saat tidur. Seperti proses pembentukan hormon ghrelin yang berfungsi untuk mengatur rasa lapar pada tubuh kita.
            Jika anda termasuk dalam kategori yang kurang tidur maka tak perlu bingung jika ingin tubuh tetap bugar. Di artikel ini kami akan membahas beberapa cara yang bisa digunakan agar tubuh masih bisa bugar walaupun jam tidur kita kurang.
            Cara yang pertama bisa kita gunakan adalah dengan tidak mematikan alarm. Jika anda seseorang yang terbiasa menggunakan alarm, jangan pernah mematikan alarm meskipun kita tidur larut malam. Karena ada penelitian yang mengatakan bahwa menambah waktu tidur meski hanya lima menit bisa membuat tubuh kita lemas. Setelah bangun ada baiknya jika kita berolahraga di bawah sinar matahari pagi. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sinar matahari di pagi hari adalah satu sumber penghasil vitamin D yang baik. Sambil berolahraga cobalah untuk menikmati suasana di pagi hari agar mood kita lebih baik.
            Selanjutnya adalah jangan mengkonsumsi junkfood saat melakukan kegiatan begadang. Sebaiknya jika begadang kita disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan biji-bijian. Jangan lupa juga untuk membiasakan sarapan, karena para peniliti mengatakan makan 1 jam setelah tidur bermanfaat untuk meningkatkan kualitas mood dan fokus.
            Itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Meskipun kami menulis artikel ini, bukan berarti kami mendukung anda yang suka begadang. Sebagai Balad yang baik kami menganjurkan anda untuk menjaga kualitas dan waktu tidur. Jika anda mempunyai waktu luang cobalah untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari kegiatan sehari-hari.
SALAM SEHAT BALAD SEMUA...

Sumber diolah dari merdeka.com  

Share this

0 Comment to "TETAP BUGAR WALAU KURANG TIDUR"

Post a Comment